Monday 22 July 2013

Kultum Pagi on Radio


Biasanya habis sahur sekalian nungguin imsak dan subuh, bapakke nyetel radio ismoyo fm. Disana ada kultumnya juga, ntah itu rekaman atau on air, nah ini dia sedikit ringkasan dari kultum-kultum itu…

Jum’at, 190713 oleh Ust. Yusuf Mansyur :
Seseorang, sebut saja namanya NN. Ia mempunyai banyak masalah dalam hidupnya dan ia merasa tak sanggup lagi untuk menanggungnya sehingga ia memutuskan untuk bunuh diri. Namun sebelum melakukan itu ia sadar bahwa ia belum sholat dan ia ingin menunaikan sholat untuk yang terakhir kalinya sebelum ia bunuh diri. Maka ia pun melakukan ini :
1.      Berwudhu; saat ia wudhu, wajahnya yang dibasuh tetapi ia merasa hatinya yang menjadi teduh
2.      Sholat
3.      Baca Alqur’an; Allah sepertinya mengajak ia mengobrol, ia membaca surat Ali Imran ayat 26 dan 27 yang bunyinya :
(26) Katakanlah (Muhammad), “Wahai  Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkau-lah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.
(27) Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan.
Tak ada yang tak mungkin bagi Allah, Allah bisa membuat sesuatu yang menurut kita tak masuk akal menjadi benar-benar terjadi, kun fa yakun... Dan Allah bisa memberimu rezeki dari yang pintu-pintu yang tak kau duga.. begitulah kekuasaan Allah.
Karena NN masih belum percaya, Allah kembali menuntunnya untuk membuka QS. Fathir ayat 2 dan 3 yang bunyinya :
(2) Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia maka tidak ada yang dapat menahannya. Dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannnya setelah itu. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.
(3) Wahai manusia! Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia maka mengapa kamu berpaling (dari ketauhidan)?
 4. Berdoa; Terhadap apa yang tak kau minta saja, bisa Allah berikan. Apalagi untuk yang kau minta…
Berdoalah dengan sungguh-sungguh pada-Nya, ceritakan semuanya pada-Nya, sang pemilik kehidupan, Allah SWT.
Dan dari itu semua, NN menemukan jawaban lain yang lebih benar untuk semua permasalahannya.


Beberapa hari yang lalu oleh (alm) KH. Zainudin Mz :

Dan (ingatlah) ketika Tuhan-mu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nikamat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat. (QS. Ibrahim : 7)

Orang kaya bisa masuk surga karena hartanya dan bisa masuk neraka juga karena hartanya.
Orang berilmu bisa masuk surga karena ilmunya dan bisa masuk neraka juga karena ilmunya.
Orang yang berkuasa bisa masuk surga karena kekuasaannya dan bisa masuk neraka juga karena kekuasaannya.

Allah telah menyediakan 24 jam dalam sehari untuk manusia, sekarang bisakah kita menyediakan beberapa menit dalam sehari untuk beribadah (sholat) pada Allah ?


Untuk lebih dan kurangnya postingan ini saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun.

No comments:

Post a Comment