Monday 22 July 2013

Kita Bertanya & Al-Qur’an Menjawab


Ketika kita merasa apa yang terjadi pada kita merupakan hal yang sangat bertolak belakang dengan kata hati kita maka marilah sejak kita maknai ayat-ayat berikut…
Semoga bisa sedikit bahkan banyak membantu kita…


☻Kenapa kita diuji?
☺ QS. (29) Al – ‘Ankabut ayat 2-3 :
      Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman”, dan mereka tidak diuji?
      Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta.

☻Kenapa kita tidak mendapatkan apa yang kita mau?
☺ QS. (2) Al – Baqarah ayat 216 :
      Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.
☻Kenapa ujian seberat ini menimpa kita?
☺ QS. (2) Al – Baqarah ayat 286 :
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah Pelindung kami maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

☻Bagaimana cara menghadapi cara?
☺ QS. (3) Ali Imran ayat 139 :
Dan janganlah kamu (merasa) lemah dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya) jika kamu orang beriman.
☺ QS. (3) Ali Imran ayat 200 :
Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siap (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.
☺ QS. (2) Al – Baqarah ayat 45 :
Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

☻Apa yang kita dapat dari semua ini?
☺ QS. (9) At – Taubah ayat 111 :
Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Meraka berperang di jalan Allah; sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al – Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu dan demikian itulah kemenangan yang agung.

☻Kepada siapa kita bertahan?
☺ QS. (9) At – Taubah ayat 129 :
Maka jika mereka berpaling (dari keimanan) maka katakanlah (Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy (singgasana) yang agung.”

☻Ketika kita tak dapat bertahan lagi?
☺ QS. (12) Yusuf ayat 87 :
Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.

☻ Kita mengeluh “tak mungkin”
☺ Allah menjawab “Jika Allah menghendaki sesuatu, cukup berkata jadi maka jadilah.”
     (QS. Yaasin : 82)

☻ Kita menegeluh “saya terlalu lelah”
☺ Allah menjawab “Aku ciptakan tidurmu untuk istirahatmu”
     (QS. An – Naba : 9)

☻ Kita mengeluh “saya tak mampu”
☺ Allah menjawab “Allah tidak membebankan sesuatu pada seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya”
     (QS. Al – Baqarah : 286)

☻ Kita mengeluh “saya stress”
☺ Allah menjawab “hanya dengan mengingat Allah maka hati menjadi tenang”
     (QS. Ar – Ra’du : 28)

☻ Kita mengeluh “tak ada gunanya”
☺ Allah menjawab “maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat dzarah, niscaya ia akan melihat balasannnya”
     (QS. Az – Zalzalah : 7)


Untuk lebih dan kurangnya postingan ini saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun.

No comments:

Post a Comment