Thursday 7 November 2019

CERITAKU TENTANG SUSI SUSANTI: LOVE ALL


Penonton hari pertama dan yang paling terakhir keluar? Saya kami.
Begitu tahu bakal ada film tentang bulutangkis yaitu Susi Susanti: Love All, saya sudah buat rencana untuk nonton di hari pertama bareng teman keluarga beel (Badminton Lovers).
Susi Susanti: Love All ditayangkan di bioskop Cinema 21, CGV dan Cinemaxx serentak mulai tanggal 24 Oktober 2019. Pastikan jangan telat saat nonton karena adegan Susi kecil lumayan sebentar dan saat filmnya berakhir pun jangan langsung keluar karena sebelum credit title muncul ada beberapa info dan cuplikan foto-foto kenangan Susi Susanti asli saat kecil dan saat memenangkan pertandingan. Tidak ada after credit title scene.
Film ini dominan menggunakan bahasa Indonesia, tetapi juga ada beberapa adegan yang menggunakan bahasa Inggris, bahasa Mandarin dan bahasa Sunda(?). Film ini juga menyediakan subtitle bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Sesaat film akan dimulai, di dalam studio baru ada 3-4 orang. Beberapa menit setelah film dimulai dua rombongan masuk, rameeee tapi nggak sampai penuh juga ruangannya. Mungkin karena weekday dan nggak ada nonton bareng atletnya haha. Jadi beberapa hari ini di Jakarta dan sekitarnya diadakan nonton bareng atlet bulutangkis Indonesia ada beberapa sesi gitu. Pengen juga :”
Jika kamu menghayati dan tipe yang sensitif cengeng haha maka kamu akan menangis di beberapa adegan. Saya di sekitar 15 menit setelah film diputar langsung nangis dong, tiga kali air mata netes pas nonton film ini :”””. Ada juga adegan yang bikin ketawa, penonton sebelahku lumayan gede ketawanya pas adegan itu. Saya kagum dengan Laura Basuki (pemeran Susi Susanti), saat podium emas Olimpiade Barcelona menurutku gesture-nya sangat miirip, sangat mengingatkanku akan Susi Susanti, nahan nangis harunya saat bendera merah putih berkibar di tempat tertinggi dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan. FYI. Untuk film ini, Laura Basuki berlatih bulutangkis dengan Liang Chiu Sia, pelatih Susi Susanti dulu. FYI.(2). Nathaniel Sulistyo (pemeran Ardy B Wiranata) yang pernah menjadi atlet bulutangkis, dia juga yang memberitahu Ardy B Wiranata terkait perannya dan film ini.
Film ini nggak ada after credit title scene-nya tetapi sebelum credit title muncul, ditampilkan foto-foto Susi Susanti saat kecil, saat tanding dan sebagainya. Saat itu belum ada penonton yang keluar ruangan, kami masih menikmati foto kenangan sang ratu bulutangkis Indonesia. Baru pas credit title muncul, penonton mulai keluar ruangan. Hm masih saran yang sama, coba pas credit title latarnya nggak cuma hitam aja supaya penonton juga mau baca credit title dan menikmati theme song film.
Sesungguhnya saya ingin mengutip beberapa dialog atau kata-kata dari film ini. Ada banyak tapi saya lupa detail katanya, jadi ini aja “I AM INDONESIA”.

!!Spoiler Alert –dialog!!
S: Saya sebel
A: Halo sebel...
S: Saya bosen
A: Halo bosen...
S: Saya takut
A: Halo takut...
A: Papa bangga(?)
S: Halo bangga
A: Ah kamu ini

Yang ngaku beel, ayo nonton film ini! ;)


Oleh: Iin Purwanti

No comments:

Post a Comment