Thursday 25 July 2019

[REVIEW] DETECTIVE CONAN MOVIE 23; THE FIST OF BLUE SAPPHIRE


INFO FILM:
Judul Asli: 名探偵コナン 紺青の / Meitantei Conan; Konjou no Fisuto
Judul Internasional: Detective Conan; The Fist of Blue Sapphire
Rilis di Jepang: Jum’at, 12 April 2019
Rilis di Indonesia: Rabu, 24 Juli 2019
Durasi:
109 Menit
Rating: 13+
Berdasarkan: Detective Conan oleh Gosho Aoyama
Sutradara: Tomoka Nagaoka
Skenario: Takahiro Okura
Musik: Katsuo Ohno
Theme Song: BLUE SAPPHIRE by HIROOMI TOSAKA
Produksi: TMS Entertainment
Distributor: Toho
Distributor Asia Tenggara: ODEX Private Limited
Bahasa: Jepang
Subtitle: Inggris & Indonesia

Cast
Dubber
Conan Edogawa, Arthur Hirai
Minami Takayama
Kaitou Kid, Shinichi Kudo
Kappei Yamaguchi
Makoto Kyogoku
Nobuyuki Hiyama
Sonoko Suzuki
Naoko Matsui
Ran Mouri
Wakana Yamazaki
Kogoro Mouri
Rikiya Koyama
Hiroshi Agasa
Kenichi Ogata
Ai Haibara
Megumi Hayashibara
Ayumi Yoshida
Yukiko Iwai
Mitsuhiko Tsuburaya
Ikue Otani
Genta Kojima
Wataru Takagi
Ginzo Nakamori
Koji Ishii
Leon Lowe
Ikusaburo Yamazaki
Rachel Cheongu
Mayuko Kawakita
Hezli Jamaluddin
Ryan Drees
Rishi Ramanathan
Yuki Kaji
John Han Chen
Jeff Manning
Sherilyn Tan
Yu Asakawa
Reijiro Nakatomi
Hiroki Takahashi
Mark Aidan
Charles Glover
Eugene Lim
Kurt Common
Himself
Osamu Hayashi
Mr. Ramanathan
Yasuhiro Mamiya
Trailer (ENG SUB) : klik di sini 
Sumber: DetectiveConanWorld, ODEX Private Limited


SHORT REVIEW:
*Saya berusaha meminimalisir spoiler, tidak menyebutkan korban, pelaku dan beberapa adegan juga tidak saya tuliskan. Bingung mau nyelipin kalimatnya dimana lol.*

Di awal adegan diceritakan adanya pertemuan antara Leon Lowe dan Sherilyn Tan. Beberapa saat setelah pertemuan tersebut, terjadi pembunuhan terhadap salah satu dari dua orang tersebut kemudian menyusul ledakan di area parkir Marina Bay Sands, Singapura. Di tempat kejadian pembunuhan ditemukan kartu Kaito Kid yang berlumuran darah.
Di Jepang sendiri, Conan Edogawa meminta bantuan Ai Haibara supaya memberinya kembali prototipe penawar APTX 4869 karena Conan juga ingin ikut pergi ke Singapura untuk menonton pertandingan karate yang diikuti Makoto Kyogoku. Kogoro Mouri, Ran Mouri dan Shinichi Kudo (Conan) diundang untuk menonton pertandingan tersebut tetapi Conan tidak bisa ke luar negeri karena identitas aslinya adalah Shinichi Kudo bukan Conan Edogawa.
Ai Haibara tetap tidak memberikan prototipe penawar APTX 4869 pada Conan. Saat di perjalanan pulang, Conan merasa diikuti seseorang, kemudian dia dibius, begitu bangun dia sudah berada di Singapura. Sonoko, Ran, Kogoro dan Shinichi juga sudah ada di Singapura. Mereka bertemu dengan Conan dan Conan menyamar sebagai warga lokal bernama Arthur Hirai.
Pertandingan karate yang diadakan tersebut berhadiah sabuk ber-safir biru (blue sapphire). Makoto ikut dalam pertandingan tersebut karena disponsori seseorang dan saat terjadi pembunuhan tersebut, sponsor mundur sehingga Makoto gagal mengikuti pertandingan tetapi dengan kekuatan grup Suzuki, Makoto bisa kembali ikut pertandingan. Sabuk ber-safir biru itu menjadi incaran Kaito Kid, sabuk itu disimpan di ruangan dengan sistem keamanan tingkat tinggi, tetapi dengan segala triknya Kaito Kid berhasil memasuki ruangan, saat akan mengambil sabuk itu, Kaito Kid menemukan mayat seseorang dan pesan kematiannnya.
Conan mulai mendekati Rishi Ramanathan, polisi yang bertugas pada kasus pembunuhan tersebut untuk mendapatkan info penting lainnya. Conan juga meminta bantuan Ai untuk menemukan beberapa info penting.
Sonoko dan Makoto makan bersama, saat akan pulang Sonoko ditabrak seseorang, dia marah ke Sonoko dan dimulailah perkelahian diantara Makoto dan seseorang –gerombolan orang. Saat melihat mobil polisi, Sonoko mengejar mobil tersebut untuk minta pertolongan tapi ternyata mobil tersebut dibajak dan Sonoko ditabrak lari oleh mobil tersebut. Sonoko dilarikan ke rumah sakit, saat sadar dan mengetahui ternyata Makoto mengundurkan diri dari pertandingan ditambah persoalan lain yang tidak mau Makoto katakan pada Sonoko membuat Sonoko marah dan mengusirnya tetapi Makoto tetap menjaga Sonoko di luar kamar. Akhirnya pertandingan karate itu dimenangkan oleh Hezli Jamaluddin, seorang karateka kuat Singapura dan juga pengawal.
Conan dan Kid saling bekerja sama, Conan membantu Kid yang dijebak seakan dialah pembunuh dari beberapa kasus pembunuhan yang terjadi. Conan dan Kid mulai mengetahui latar belakang beberapa orang, siapa yang menemukan safir biru itu, siapa yang berkelahi dengan Makoto, siapa yang saling bekerja sama, apa tujuan utama pelaku, dsb. Saat itu, ternyata pelaku sudah menjalankan aksinya, ada sebuah kapal yang menabrak Marina Bay Sands, membuat beberapa icon kota hancur. Ran, Kogoro, Kaito dan Conan berjuang melawan gerombolan pelaku, saat itulah diketahui ternyata target utama mereka bertambah menjadi mengincar Sonoko Suzuki, pewaris grup Suzuki. Makoto menyelamatkan Sonoko, dia tidak membiarkan Sonoko jauh dari dirinya saat melawan gerombolan pelaku. Bagaimana nasib Makoto-Sonoko? Berhasilkah Kaito Kid menemukan permata yang dia cari? Bisakah Ran mengenali Shinichi asli atau palsu? Silahkan temukan jawabannya di DCM23 ini.



DCM23 didistribusikan oleh ODEX Private Limited dan ditayangkan di Indonesia di bioskop CGV, Cinemaxx dan Cineplex Platinum serentak mulai tanggal 24 Juli 2019, lebih lama dibandingan negara Asia lainnya (Singapura, Filipina, Malaysia) yang juga menayangkan Conan pada ei/Juni 2019. Sebelumnya pada tanggal 29 Juni 2019 telah lebih dulu diadakan Special Screening DCM23 khusus di CGV Grand Indonesia, Jakarta dengan tiket seharga Rp 420.000,- bisa nonton DCM23 duluan dan dapat banyak merchandise


Untuk dub dan subtitle DCM23 masih tetap sama seperti DCM sebelumnya, DCM23 yang ditayangkan di Indonesia menggunakan dub Bahasa Jepang dengan subtitle Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Ada kesalahan penulisan judul film di slide lulus sensor, yang seharusnya FIST malah tertulis FIRST. Untuk subtitle sudah lebih baik, saya tidak menemukan --melewatkan typo. Saat credit title dan theme song ditampilkan, terdapat lanjutan adegan dari movie ini walau tanpa suara dari para pemerannya karena audionya tetap menampilkan theme song. Barulah setalah credit title dan theme song, seperti biasa ada omake/after credit scene/extra scene DCM23 dan teaser DCM24 di bagian akhir movie ini. FYI, Shuichi Akai muncul di DCM24. ~Todoke~


TRIVIA DCM23
1. DCM23 merupakan DCM pertama dengan latar tempat di negara Asia lainnya yaitu Singapura.
2. Awalnya latar tempat Singapura akan dipakai untuk manga/anime eps Crimson School Love Trip.
3. Pada tahun 2016, Gosho Aoyama menghadari acara Singapore Writers Festival dan mengatakan akan membuat cerita Conan dengan latar tempat Singapura.
4. DCM24 merupakan DCM pertama yang disutradari oleh seorang perempuan.
5. Di saat penayangannya (April 2019) yang bersamaan bulan tayang Avengers; End Game, DCM23 tetap mernguasai box office Jepang, sedangkan di negara lainnya box office-nya dikuasai oleh Avengers; End Game.
6. Kaito Kid kembali ambil bagian dalam DCM24 ini setalah absen di 3 DCM sebelumnya. Terakhir Kaito Kid muncul di DCM19.
7. Latar cerita DCM23 setalah kasus Crimson School Trip dan kasus Kaito Kid vs Makoto Kyogoku.
8.  Di DCM24, Conan Edogawa menyamar sebagai Arthur Hirai, yang juga sama-sama mengambil nama dari Arthur Conan Doyle dan nama asli Edogawa Ranpo; Taro Hirai.
9. Baju renang yang dipakai Ran di kolam Marina Bay Sands adalah baju renang yang ada di kasus The Blind Spot in the Dressing Room.
10. Screentime Shinran di kolam Marina Bay Sands hanya sebentar, nyaris tidak ada adegan ShinRan yang berarti.
11. Di DCM23 banyak adegan SonoMako, di sini juga terungkap apa yang ada di balik plester Makoto.
12. Screentime Detektif Cilik sangat sedikit di DCM23.
13. Kepolisian Jepang (Inspektur, Megure, Takagi, Sato, dkk) tidak muncul di DCM23.
14. Ginzo Nakamori dan Asisten Kaito Kid; Konosuke Jii muncul di DCM23.
(Sumber nomor  1,2,4,5,8,9: DetectiveConanWorld)


Oleh: Iin Purwanti

No comments:

Post a Comment