Sunday 30 July 2023

[Review] Detective Conan Movie 26; Black Iron Submarine

 


INFO FILM:

Judul Asli:  名探偵コナン 黒鉄の魚影(サブマリン) (Meitantei Conan: Kurogane no Sabumarin)

Judul Internasional: Detective Conan; Black Iron Submarine

Rilis di Jepang: Jum’at, 14 April 2023

Rilis di Indonesia: Rabu, 26 Juli 2023
Durasi:
110 Menit

Berdasarkan: Detective Conan oleh Gosho Aoyama

Sutradara: Yuzuru Tachikawa

Skenario: Takeharu Sakurai

Produksi: TMS Entertainment

Distributor: Toho

Musik: Katsuo Ohno

Theme Song: Utsukushi Hire by Spitz

Distributor Indonesia: CBI Pictures

Rating: 13+

Bahasa: Jepang

Subtitle: Inggris & Indonesia

Cast

Dubber

Conan Edogawa

Minami Takayama

Ai Haibara

Megumi Hayashibara

Shinichi Kudo

Kappei Yamaguchi

Ran Mouri

Wakana Yamazaki

Kogoro Mouri

Ethan Hondou

Rikiya Koyama

Hiroshi Agasa

Kenichi Ogata

Ayumi Yoshida

Yukiko Iwai

Mitsuhiko Tsuburaya

Ikue Otani

Genta Kojima

Wataru Takagi

Wataru Takagi

Sonoko Suzuki

Naoko Matsui

Subaru Okiya

Ryotaro Okiayu

Shuichi Akai

Shuichi Ikeda

Jodie Starling

Miyuki Ichijou

Andre Camel

Kiyoyuki Yanada

James Black

Takaya Hashi

Juzo Megure

Chafurin

Miwako Sato

Atsuko Yuya

Ninzaburo Shiratori

Kazuhiko Inoue

Hyoue Kuroda

Yukimasa Kishino

Yuya Kazami

Nobuo Tobita

Akemi Miyano

Sakiko Tamagawa

Gin

Yukitoshi Hori

Vodka

Fumiihiko Tachiki

Vermouth

Mami Koyama

Chianti

Kikuko Inoue

Korn

Hiroyuki Kinoshita

Bourbon

Tohru Furuya

Kir

Kotono Mitsuishi

Rum

Shigeru Chiba

Pinga

Ayumu Murase

Yosuke Makino

Ikki Sawamura

Naomi Argento

Atsumi Tanezaki

Leonhardt

Junichi Suwabe

Ed

Hiroshi Tsuchida

Grace

Ayumu Murase

Trailer (INDO SUB): klik di sini 

Sumber: DetectiveConanWorld, CBI Pictures

 

ALUR CERITA: “Dibangun di perairan dekat Hachijō-jima, Tokyo, "Pacific Buoy" adalah fasilitas laut untuk menghubungkan kamera keamanan milik polisi di seluruh dunia. Dalam persiapan operasi skala penuh, para insinyur dari seluruh dunia berkumpul untuk menghubungkannya ke jaringan yang dikelola oleh Europol, sebuah organisasi kepolisian Eropa. Di sana, menerapkan sistem pengenalan wajah, pengujian "teknologi baru" juga sedang dilakukan. Sementara itu, Conan dan Detektif Cilik datang ke Hachijō-jima untuk pengamatan paus atas undangan Sonoko. Kemudian, Conan menerima panggilan telepon dari Subaru Okiya (Shuichi Akai), dan mengatakan kepadanya bahwa seorang petugas Europol dibunuh oleh Gin di Jerman. Conan yang merasa gelisah, menyelinap ke dalam kapal patroli yang membawa anggota Departemen Kepolisian Metropolitan, termasuk Hyoe Kuroda, yang akan menjaga "Pasifik Buoy" dan menyusup ke fasilitas tersebut. Kemudian, seorang insinyur wanita diculik oleh organisasi hitam di dalam fasilitas tempat persiapan terus dilakukan untuk pengoperasian sistem. Terlebih lagi, USB miliknya yang berisi informasi tertentu jatuh ke tangan organisasi. Suara baling-baling terdengar menakutkan di laut. Dan bayangan hitam mendekati Haibara, yang menginap di Hachijō-jima.” (Sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia; Meitantei Konan Kurogane no Sabumarin).

 

SHORT REVIEW:

Detective Conan Movie 26 (DCM26) kembali mengangkat kisah terkait Organisasi Hitam, salah satu tokoh penting di Organisasi Hitam yang masih menjadi incaran; Sherry (Shiho Miyano/Ai Haibara). Anggota Organisasi Hitam menculik salah satu insinyur yang menciptakan sistem pengenalan wajah, dimana pada sistem tersebut terdeteksi wajah Ai Haibara dan Sherry.

Di film ini juga kembali diperkenalkan tokoh Organisasi Hitam (non-canon, khusus film ini) yaitu Pinga. Ia mengambil peran besar di film ini. Tokoh yang bertentangan dengan Gin. Karakter yang mengingatkan dengan Irish (DCM13).

Mengambil latar tempat di perairan, film ini menjadi lebih menarik, bagaimana Organisasi Hitam menjadikan kapal selam sebagai markas mereka yang mengakibatkan terjadinya konflik di dalam air dan terciptanya lagi alat canggih profesor Agasa. Selain itu, film ini juga mengambil beberapa kilas balik cerita yang sesuai dengan cerita canon komik Detektif Conan dan beberapa cerita masa lalu seorang Shiho Miyano terungkap di sini.

Ada banyak anggota Organisasi Hitam yang muncul di film ini, Vermouth yang kembali menunjukkan kemisteriusannya. Kir dengan rasa sentimentalnya serta Rum yang kembali muncul di film ini. Yang juga tidak ketinggalan adalah munculnya kembali kerja sama Conan-Akai-Bourbon.

Ada banyak screen-time Conan dan Ai, bagaimana usaha Conan untuk menyelamatkan Ai dan bagaimana pandangan Ai terhadap Conan. Film ini sedikit memberi gambaran tentang konfrontasi yang akan terjadi antara Organisasi Hitam-Conan-Ai ketika identitas mereka sebagai orang dewasa yang terperangkap di tubuh anak kecil mulai ketahuan.

Selain action, film ini juga menampilkan sisi sentimentalnya ditambah aransemen insert song “kimi ga ireba” yang semakin mendayu. Kimi ga ireba merupakan  insert song yang hampir selalu muncul di film Conan dan kali ini dia muncul dengan aransemen yang baru *CMIIW*. Saat lagu ini muncul, arti dari lirik lagu ini pun muncul di layar, yang bikin makin haru.

            Seperti DCM sebelumnya, DCM26 juga masih menggunakan subtitle Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Saat credit title dan theme song ditampilkan, terdapat lanjutan adegan dari movie ini walau tanpa suara dari para pemerannya karena audionya tetap menampilkan theme song. Omake/after credit scene/extra scene DCM26 bisa dibilang memilki durasi yang lebih panjang daripada omake DCM lainnya jadi jangan beranjak dulu sebelum benar-benar habis, nanti juga di penghujung akan ada teaser untuk DCM27 tahun 2024.

Fans screening DCM26 diadakan pada Sabtu, 15 Juli 2023 di CGV Grand Indonesia dengan merchandise; t-shirt, metal badge, poster dan stiker. Sebelum penayangan DCM26, ada film omnibus Detective Conan: The Story of Ai Haibara -Black Iron Mystery Train- yang mulai tayang pada 31 Mei 2023 lalu.

 

 

Oleh: Iin Purwanti

 

 

 

No comments:

Post a Comment