Saturday 4 August 2018

[REVIEW] DETECTIVE CONAN MOVIE 22; ZERO THE ENFORCER



INFO FILM:
Judul Asli: 名探偵コナン ゼロの執行人 (Meitantei Conan: Zero no Shikkōnin)
Judul Internasional: Detective Conan: Zero The Enforcer
Tanggal rilis di Jepang: 13 April 2018
Tanggal rilis di Indonesia: 1 Agustus 2018
Durasi: 110 Menit
Berdasarkan: Detective Conan oleh Gosho Aoyama
Sutradara: Yuzuru Tachikawa
Skenario: Takeharu Sakurai
Perusahaan Produksi: TMS Entertaiment
Distributor: Toho
Musik: Katsuo Ohno
Theme Song: Zero -ZERO- oleh Masaharu Fukuyama
Distributor Asia Tenggara: ODEX Private Limited
Rating: 13+
Bahasa: Jepang
Subtitle: Inggris & Indonesia
Cast
Dubber
Conan Edogawa
Minami Takayama
Rei Furuya
Tohru Furuya
Ran Mouri
Wakana Yamazaki
Kogoro Mouri
Rikiya Koyama
Eri Kisaki
Gara Takashima
Hiroshi Agasa
Kenichi Ogata
Ai Haibara
Megumi Hayashibara
Ayumi Yoshida
Yukiko Iwai
Mitsuhiko Tsuburaya
Ikue Otani
Genta Kojima
Wataru Takagi
Hyoue Kuroda
Yukimasa Kishino
Juzo Megure
Chafurin
Wataru Takagi
Wataru Takagi
Miwako Sato
Atsuko Yuya
Ninzaburo Shiratori
Kazuhiko Inoue
Kazunobu Chiba
Isshin Chiba
Yuya Kazami
Nobuo Tobita
Sonoko Suzuki
Naoko Matsui
Midori Kurayama
Asako Dodo
Azusa Enomoto
Mikiko Enomoto
Toshiro Odagiri
Kouji Nakata
Shinichi Kudo (BG/Voice)
Kappei Yamaguchi
Kyoko Tachibana
Aya Ueto
Fumikazu Haba
Daikichi Hakata
Sayoko Iwai
Mina Tominaga
Makoto Kusakabe
Tokuyoshi Kawashima
Sayoko Shokoku
Sayoko Shokoku
Trailer (ENG SUB) : klik di sini  
Sumber: DetectiveConanWorld, ODEX Private Limited, CGV

ALUR CERITA: “Sebuah fasilitas baru di Teluk Tokyo "Edge of Ocean" akan menjadi tuan rumah Tokyo Summit. Sebanyak 22.000 petugas polisi dipersiapkan untuk mengamankan pertemuan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Mei, namun sebuah ledakan berskala besar terjadi. Terdapat bayangan Toru Amuro, dikenal dengan "Zero" yang tergabung dalam National Police Agency Security Bureau. Conan yang penasaran merasa curiga dengan perilaku misterius Amuro yang bergerak diam-diam dibalik insiden pengeboman yang terjadi sebelum hari puncak.
Dari sidik jari yang tertinggal di tempat kejadian terbukti milik Kogoro Mouri yang sebelumnya terdaftar di Kepolisian Metropolitan! Conan yang mulai bertentangan dengan Amuro atas penangkapan Kogoro mendengar kasus aneh di mana Amuro pernah memaksa tersangka untuk bunuh diri di masa lalu. Dan ketika mencoba memutuskan tuduhan terhadap Kogoro, di dalam area metropolitan Tokyo, pada saat yang bersamaan, berbagai terorisme yang tidak dapat dimengerti terjadi. Sementara Conan dan Public Security mendekati konspirasi tersembunyi dalam insiden tersebut, pada hari puncak pertemuan tersebut, pesawat ruang angkasa tak berawak "Hakuchō" menyelesaikan misi di Mars dan kembali ke Bumi.” (Sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia; Meitantei Konan Zero no Shikkonin).
SHORT REVIEW:
SAYA PERLU NONTON LAGI!! CAPSLOCK JEBOL.
Sebelum mulai SR-nya, saya mau cerita kalau saya telat masuk bioskop pas nonton DCM22 ini, saya mulai nonton pas adegan setelah ledakan saat Yuya Kazami bilang kalau Kogoro Mouri terduga pelaku ledakan. Walau sebenarnya kalau pun saya tidak telat nonton, saya sudah menduga saya akan tetap perlu nonton ulang karena alur cerita ini yang cukup rumit, melibatkan berbagai pihak; polisi umum, polisi khusus, NAZU (badan antariksa), istilah ini, istilah itu, dsb. Jadi SR-nya saya akan mulai saat setelah ledakan.

!!! WARNING: SPOILER !!!
...
Yuya Kazami (polisi) memeriksa kediaman Kogoro Mouri dan menahan Kogoro sebagai terduga pelaku ledakan. Conan mencurigai Amuro/Rei Furuya karena di saat bersamaan Amuro memiliki luka yang sama seperti luka pada Yuya Kazami, seolah mereka berdua ada di tempat dan terlibat di kejadian yang sama.
Ran meminta ibunya, Eri Kisaki (pengacara) untuk membela Kogoro namun karena hubungan keluarga yang malah dapat merugikan Kogoro maka Eri menolak. Lalu, Kyoko Tachibana datang dan menawarkan diri untuk menjadi pengacara Kogoro.
Penyelidikan dimulai, ledakan/alat elektronik mengeluarkan api terjadi dimana-mana. Kota menjadi kacau, warga sipil dikumpulkan dalam satu area yang aman. Selama proses penyelidikan dan ledakan/teror itu, Kogoro dibebaskan dari tuduhan pelaku ledakan.
Setelah sebelumnya saling mencurigai, Conan dan Amuro bekerja sama untuk menghentikan aksi ledakan/teror, sementara itu dari luar angkasa sebuah pesawat ruang angkasa tak berawak akan mendekati bumi, tetapi mantel(?) pesawat tak mau terbuka sehingga dapat mengakibatkan kerusakan(?). Di sini, keahlian luar biasa Amuro dalam mengendarai mobil diperlihatkan, dengan bantuan Detektif Cilik beserta Profesor Agasa dan Ai Haibara, Conan dan Amuro berhasil mengenai titik agar mantel pesawat terbuka dan tak terjadi kerusakan.
Di balik misteri ledakan/teror itu sendiri ada misteri lain yang melibatkan para polisi khusus sampai akhirnya diketahui siapa koperator/partner/subordinate/bawahan siapa, siapa atasan siapa, apapun itu saya bingung menyebutnya, translasi Indonesianya pun tidak terlalu familiar.
            Amuro mendapatkan porsi peran yang lebih besar di movie ini. Apa peran Amuro dalam kasus ini? Mengapa Kogoro bisa dituduh menjadi pelaku ledakan? Siapa kekasih Amuro? Dan bagaimana cara Amuro menghidupkan kembali orang yang sudah mati? Silahkan temukan jawabannya di DCM22 ini.
DCM22 didistribusikan oleh ODEX Private Limited dan ditayangkan di Indonesia di bioskop CGVBlitz, Cinemaxx dan Cineplex Platinum serentak mulai tanggal 1 Agustus 2018, kembali tayang di bulan Agustus karena slot bulan Juni sudah diisi film animasi lain. Sebelumnya pada tanggal 21 Juli 2018 telah lebih dulu diadakan Special Screening DCM22 khusus di CGV Grand Indonesia, Jakarta dengan tiket seharga Rp 400.000,- bisa nonton DCM22 duluan dan dapat banyak merchandise. Untuk jadwal tayang serentak, rentang tayang DCM22 di Indonesia berbeda di tiap lokasi. Ada yang hanya beberapa hari atau minggu tayang di bioskop tersebut. FYI, DCM22 ini tayang lama di bioskop Jepang dan berhasil berada di posisi 1 Box Office Japan selama 7 minggu berturut-turut.
Untuk dub dan subtitle DCM22 masih tetap sama seperti DCM tahun lalu, DCM22 yang ditayangkan di Indonesia menggunakan dub Bahasa Jepang dengan subtitle Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Saat credit title dan theme song ditampilkan, terdapat lanjutan adegan dari movie ini walau tanpa suara dari para pemerannya karena audionya tetap menampilkan theme song. Barulah setalah credit title dan theme song, seperti biasa ada omake/after credit scene/extra scene dan teaser DCM23 di bagian akhir movie ini. FYI, Kaito Kid come back di DCM23.

Oleh: Iin Purwanti

1 comment: