Saturday 14 December 2013

Berita Bulutangkis SEA Games 2013


SEA Games sudah berlangsung 3 hari sejak upacara pembukaannya pada tanggal 11-12-13 walaupun sebenarnya sudah ada cabang olahraga yang dimainkan sebelum upacara pembukaan tersebut. Dan hari ini cabang bulutangkis SEA Games nomor perorangan telah selesai dipertandingkan.

Ini skuad bulutangkis Indonesia di SEA Games 2013 :
Tunggal Putra : Dionysius Hayom Rumbaka & Wisnu Yuli Prasetyo
Tunggal Putri : Aprilia Yuswandari & Bellaetrix Manuputty
Ganda Putra : Angga Pratama/Rian Agung Saputro & Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan
Ganda Putri : Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari & Tiara Rosalia Nuraidah/Gebby Ristiyani Imawan
Ganda Campuran : Muhammad Rijal/Debby Susanto & Riky Widianto/Richi Puspita Dili
 

Dan ini hasil pertandingan final bulutangkis perorangan SEA Games 2013 :
1.      Ganda Putra
Angga Pratama (Indonesia)
Ryan Agung Saputro (Indonesia) 
-
Berry Angriawan (Indonesia)
Ricky Karanda Suwardi (Indonesia)
21-13 17-21 21-11
2.      Tunggal Putri
Bellaetrix Manuputty (Indonesia)
-
Busanan Ongbamrungphan (Thailand)
9-21 21-13 21-13
3.      Ganda Campuran
Muhammad Rijal (Indonesia)
Debby Susanto (Indonesia)
-
Jongjit Maneepong (Thailand)
Taerattanachai Sapsiree (Thailand)
21-18 21-19
4.      Tunggal Putra
Dionysius Hayom Rumbaka (Indonesia)
-
Tanongsak Saensomboonsuk (Thailand)
20-22 17-21
5.      Ganda Putri
Vivian Kah Mun Hoo (Malaysia)
Khe Wei Woon (Malaysia)
-
Greysia Polii (Indonesia)
Nitya Krishinda (Indonesia)
21-17 18-21 21-17

Dan berikut hasil perolehan medali dari cabang bulutangkis nomor perorangan SEA Games 2013 :
Negara
Emas
Perak
Perunggu
Indonesia
3
3
1
Thailand
1
2
3
Malaysia
1
0
3
Vietnam
0
0
2
Singapura
0
0
1
    
Indonesia menjadi juara umum di cabang bulutangkis ini, walau tak bisa sapu bersih 5 medali emas namun 3 emas yang menjadi target PBSI berhasil terpenuhi. Dan karena bulutangkis nomor beregu putra dan putri tidak dimainkan di SEA Games kali ini maka untuk cabang bulutangkis SEA Games 2013 telah berakhir malam ini.
Berikut pebulutangkis Indonesia yang telah menyumbang medali bagi Indonesia :
Emas :
-          Angga Pratama & Rian Agung Saputro
-          Bellaetrix Manuputty
-          Muhammad Rijal & Debby Susanto
Perak :
-          Dionysius Hayom Rumbaka
-          Greysia Polii & Nitya Krishinda
Perunggu :
-          Wisnu Yuli Prasetyo

Berita Lain Seputar Pebulutangkis Indonesia & Perolehan Medali SEA Games 2013
-          Di putaran final ini Indonesia berhasil menempatkan 6 wakilnya dan memastikan emas dari sektor ganda putra karena terjadi All Indonesian Final antara Angga/Rian & Berry/Ricky.
-          Bella pun berhasil menyumbang medali emas bagi Indonesia walau sebenarnya tunggal putri tidak ditargetkan untuk mendapat medali emas. Walau sempat kalah telak di set 1, di set 2 dan 3 Bella mampu menghadapi permainan Busanan dan tekanan supporter Thailand yang meramaikan stadium Myanmar.
-          Pertandingan ini jadi pertandingan terakhir bagi pasangan ganda campuran Indonesia Rijal/Debby karena tahun 2014 nanti pasangan ini akan dipisah, Rijal akan dipasangkan dengan Vita Marissa. Dan emas SEA Games 2013 ini pun menjadi kado istimewa bagi perpisahan pasangan ini. Semoga nanti makin sukses dengan pasangannya masing-masing.

-          Hayom dan Bella sebenarnya bisa menjadi pasangan peraih emas mengikuti jejak Alan Budikusuma dan Susi Susanti yang menjadi pasangan peraih emas atau dikenal sebagai pengantin emas olimpiade tetapi Hayom gagal dan harus mengakui kemenangan pebulutangkis kidal Thailand, Tanongsak. Hayom kalah dalam 2 set pertandingan,
-          Pasangan unggulan Greysia/Nitya pun harus mengakui kemenangan pasangan Malaysia. Pertandingan berjalan melelahkan, reli-reli panjang ditambah bola-bola ajaib yang sering terjadi, seperti kok bergulir di net atau servis yang sering gagal mewarnai pertandingan ini. Keempat pemain saling mengerahkan tenaga untuk mendapatkan poin. Dan sepertinya lucky ball untuk pertandingan kali ini ada di Malaysia karena kok yang bergulir di net sering menghasilkan poin untuk Malaysia dan permainanan pasangan Indonesia pun sering mati sendiri, alhasil hanya perak yang mampu diperoleh Greysia/Nitya kali ini.
-          Dan seperti yang telah disampaikan, walau tak berhasil sapu bersih 5 medali emas namun 3 emas yang menjadi target PBSI telah terpenuhi dan para pemain telah berusaha maksimal membuat Indonesia menjadi juara umum cabang bulutangkis SEA Games. Jadi selamat untuk bulutangkis Indonesia, semoga bisa lebih baik lagi.
-          Saat berlangsung cabang bulutangkis ini, Indonesia sempat menduduki posisi pertama perolehan medali dengan 30 emas, 37 perak dan 30 perunggu namun beberapa jam kemudian turun ke posisi 3 dengan 30 emas, 40 perak dan 34 perunggu, Thailand dan Myanmar berada di posisi 1 dan 2. Semangat atlet-atlet Indonesia, selamat berjuang dan semoga bisa menambah kembali pundi-pundi emas Indonesia.
Indonesia posisi 1
Indonesia turun ke posisi 3 :(
      
Dan besok akan ada pertandingan final BWF World Superseries Final 2013 yang berlangsung di Malaysia. Indonesia berhasil menempatkan 2 wakilnya di final yaitu Ahsan/Hendra dan Tommy Sugiarto.
Berikut daftar pertandingan final BWF World SS Final 2013 :

Good Luck Ahsan/Hendra & Tommy, semoga bisa memperoleh hasil maksimal.
Btw, Sony Dwi Kuncoro sebenarnya berpeluang menuju final ini tapi dia mengundurkan diri karena cederanya kambuh, semoga lekas pulih kembali dan cederanya nggak kambuh-kambuh lagi, GWS Sony.


By : Iin Purwanti
Photo by : @buluangkisRI

No comments:

Post a Comment