Monday 23 September 2013

Islamic Solidarity Games (ISG)


Sejarah Islamic Solidarity Games
Islamic Solidarity Games (ISG) adalah ajang olahraga multinasional yang melibatkan para atlet dari negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam. ISG berada di bawah pengawasan Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF).
ISG pertama diadakan pada tahun 2005 di Arab Saudi yang diikuti oleh 57 anggota Organisasi Kerja Sama Islam. Warga non-Muslim di negara-negara anggota juga diizinkan untuk mengambil bagian dalam ajang ini.
ISG yang kedua dijadwalkan berlangsung pada bulan Oktober 2009 di Iran, kemudian ajang tersebut dijadwalkan kembali pada April 2010, dan akhirnya dibatalkan setelah terjadi perselisihan antara Iran dan Dunia Arab atas penggunaan istilah Teluk Persia pada logo ajang Islamic Solidarity Games yang kedua, sebagai nama yang paling umum di Dunia Arab bagi daerah Teluk Arab. Perselisihan nama ini telah menjadi sumber ketidakharmonisan antara negara-negara Arab dan Iran yang telah berulang-ulang kali.

Penyelenggaraan Islamic Solidarity Games

ISG ke-
Tanggal
Tuan Rumah
Juara Umum
1
2005
Arab Saudi
Arab Saudi
2
April 2010
Iran
(ISG dibatalkan)
3
22 Sept - 1 Okt 2013
Palembang, SumSel, Indonesia



3rd Islamic Solidarity Games 2013
Setelah menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga SEA Games tahun 2011 lalu, tahun ini Palembang kembali menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga serupa yaitu Islamic Solidarity Games. ISG yang ketiga ini akan diadakan dari tanggal 22 September sampai 1 Oktober 2013.
Jumlah Negara Peserta ISG 2013
ISG 2013 diikuti oleh 44 negara yaitu :
Aljazair, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Burkino Fasao, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Sudan, Suriah, Tajikistan, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibouti, Bangladesh dan Chad.
Jumlah cabang olahraga di ISG 2013
ISG 2013 akan mempertaningkan 18 cabang olahraga yaitu :
Panahan, Atletik, Bulutangkis, Basket, Voli, Voli Pantai, Sepak Bola, Senam, Karate, Pencak Silat, Sepak Takraw, Sport Climbing, Renang, Taekwondo, Tenis, Traditional Boat Race, Angkat Besi dan Wushu.
Untuk Jadwal Pertandingan bisa dilihat disini.



Upacara Pembukaan Islamic Solidarity Games 2013
ISG 2013 dibuka secara resmi oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kemarin (Minggu, 22/9/13) di Gelanggang Olahraga (GOR) Jakabaring, Palembang. Acara pembukaan ini juga akan dihadiri oleh Presien Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) yang juga Pangeran Kerajaan Arab Saudi Nawaf bin Faisal bin Fahd.
Pembukaan ISG 2013 ini akan dimeriahkan oleh parade para atlet yang diawali dengan marching band yang diikuti oleh tiga orang pembawa bendera (bendera Indonesia, bendera Indonesia Islamic Solidarity Games Organizing Committee (InaISGOC) dan bendera ISSF) lalu akan ada parade bendera negara peserta beserta para atlet yang melakukan defile sesuai dengan urutan abjad dan diakhiri oleh Indonesia selaku tuan rumah. Pada saat dilakukan defile peserta akan diiringi oleh lagu tradisional dari masing-masing negara peserta. Di pengujung acara akan dipersembahan tarian kolosal Spirit Islamic Solidarity oleh pelajar SMA dan sanggar tari dari Palembang.
Sebagai tuan rumah Indonesia mengirimkan 345 orang atlet dan Indonesia akan ambil bagian di seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.


Sumber : Wikipedia, solopos.com, Google Image

No comments:

Post a Comment