Saturday 5 September 2020

Detektif Conan Kembali Tayang di TV Indonesia

 

Setelah 6 tahun berlalu, akhirnya penggemar Detektif Conan (DC) bisa kembali menyaksikan DC di TV Indonesia.

Funfact: DC terakhir kali tayang di TV Indonesia (Indosiar) pada Sabtu, 27 September 2014 dan DC kembali tayang di TV Indonesia (NET.) pada Sabtu, 5 September 2020.

Info terkait penayangan DC di NET. beredar pada 12 Juni2020. NET. mengeluarkan cuplikan video DC dengan dubbing Bahasa Indonesia tetapi belum memberitahu tanggal tayang DC di channel mereka. Setelah hampir 3 bulan penantian dan godaan, ya melalui media sosialnya NET. TV mengoda, tes gelombang para penggemar DC terkait penayangan DC ini. Akhirnya, pada 30 Agustus 2020 NET. Memberitahu info penayangan DC yaitu mulai Sabtu, 5 September 2020 jam 07.30 WIB.

Terhitung dari tanggal tersebut NET. mulai melakukan hitung mundur terhadap penayangan DC. Penayangan DC ini sempat menjadikan “Conan” trending di twitter.

DC yang tayang di NET. hari ini (5/9) adalah DC episode (eps) 476 dan 477, seri eps yang aslinya dibuat berpartisi tapi NET. langsung menayangkan sekaligus. Aslinya durasi DC per eps berkisar setengah jam dan durasi DC di NET. satu jam jadi dua eps tayang di hari yang sama.

DC di NET. menggunakan dubbing Bahasa Indonesia dengan dubber-dubber yang berbeda dari dubber-dubber DC di Indosiar. Karakter utama Conan Edogawa yang biasanya identik diisi oleh kak Iphie Lubis kini diisi oleh kak Leni M. Tara. Untuk dubber atau pengisi suara ini juga menjadi pembicaraan, ada pro ada kontra, ada yang masih menginginkan kak Iphie Lubis sebagai dubber Conan karena sudah terbiasa dan ingin bernostagia dengan suara Conan-nya kak Iphie Lubis, ada juga yang berkomentar dubber-dubber yang sekarang juga sudah oke. Apapun itu tetap dukung DC di TV Indonesia ya, dukung juga dubber-dubbernya. Ayo nonton DC!

Berikut daftar dubber DC yang sudah diketahui, selanjutnya daftar dubber ini akan bertambah seiring kemunculan karakter-karakter lainnya.

Karakter

Dubber (Indonesia)

Conan Edogawa

Leni M Tara

Shinichi Kudo

Salman Pranata

Kogoro Mouri

Solihin Bumi

Ran Mouri

Tuty Pinkan

Ai Haibara

Maria Cicilia

Genta Kojima

Juni Faif

Mitsuhiko Tsuburaya

Tuty Pinkan

Ayumi Yoshida

Ladi Carmelita Novita

Hiroshi Agasa

Jumali Jindra

Juzo Megure

Jumali Jindra

Wataru Takagi

Salman Pranata

*Rutger Heinen

Frenddy Pankey

*Kanji Kojima

Tato Abi

 

 

Studio dubbing: Cs Pro

Note:

*karakter per eps

Source and Thanks to: Rahmat Al Fatih

 

Berikut detail DC episode 476-477 yang tayang hari ini (5/9):

Judul:

[JPN] 元太の必殺シュート (Genta no Hissatsu Shuto)

[ENG] Genta’s Certain Kill Shot 

[INA] Misteri Luka Tuan Rutger

Season: 16

Tanggal tayang di Jepang: 25 Juni 2007 (eps 476) & 2 July 2007 (eps 477)

Berdasarkan komik: Volume 55 File 3-5 (Chapter 567-569)  

Opening song: Namida no Yesterday oleh GARNET CROW

Ending song: I still believe ~Tameiki~ oleh Yumi Shizukusa

Sinopsis: Prof. Agasa mengajak Detektif Cilik ke toko kue. Di area parkir, Genta terus bermain bola kaki. Ketika mendengar suara aneh, dia terjatuh dan pingsan, ketika bangun dia mencari bolanya dan menemukan seorang pria Jerman bernama Rutger heinen yang mengalami luka di kepala. Detektif Cilik lainnya mendatangi Genta setelah mendengar teriakan Genta. Rutger menunjuk Genta dan berkata pelaku serta “El” sebelum pingsan. Kasus pun berlanjut... siapa pelakunya? [Sc: detectiveconanworld]

Short-Review: 

Karena kekeliruan, saya melewatkan bagian awal tayangan DC di NET.: opening song dan adegan awal :( nggak jadi nonton ulang juga 

Jadi saya akan me-review sedapatnya dan seingatnya saja;

Tampilan dipojok kiri TV ada judul eps yang sedang tayang dan rating-nya; DC masuk R13+ ya. Visual dan audio-nya oke, iklannya sebentar, peralihan dari eps 476 ke eps 477 tanpa iklan pun cukup mulus, ending-song ditampilkan dan sama dengan aslinya, after-credit scene dan preview untuk eps berikutnya juga ditampilkan bahkan Conan Hint juga ditampilkan. Semuanya memakai dubbing Bahasa Indonesia kecuali opening song dan ending song yang sesuai lagu aslinya; lagu Jepang dan tulisan nihongo dalam adegan juga diterjemahkan.

Keseluruhan, saya puas dan senang dengan tayangan DC ini.



Sekali lagi terima kasih NET. dan lagi semoga DC bisa tayang lama di NET. Aamiin.

Tambahan. Kalau bisa tayangin juga DC Movie di NET. DC Movie yang tayang di TV Indonesia baru sampai DC Movie 14 dan itu pun tayangnya tahun 2012. Huaaaa sudah lama.

 

P.s.: Saya akan update penayangan DC di NET. ini seperti yang saya lakukan saat DC tayang di Indosiar periode 2013-2014.

P.s.s.: Ada lebih dari 5 postinganku terkait penayangan DC 2013-2014 tersebut dan saya harap untuk DC di NET. ini postingan saya bakal lebih banyak yang berarti penayangan DC di NET. juga bakal lebih lama.

FYI. Penyangan DC 2013-2014 itu nggak sampai setahun, hanya dari Desember 2013 sampai September 2014.

TMI. Anime DC subtitle Indonesia juga pernah tayang di LINE TODAY channel dari eps 1-100 selama 11 Agustus 2019 – 18 November 2019.

 

Update info: DC tayang tiap Sabtu dan Minggu di NET. Jam 07.30 WIB

Dan NET. juga mengadakan Giveaway berhadiah official Merchandise DC. Thumps up.


Oleh: Iin Purwanti

Sumber: netmediatama, detectiveconanworld, Rahmat Al Fatih

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete