Saturday 24 June 2017

[REVIEW] DETECTIVE CONAN MOVIE 21; THE CRIMSON LOVE LETTER


INFO FILM:
Judul Asli: 名探偵コナン から(くれない)恋歌(ラブレター) / Meitantei Konan; Karakurenai no Raburetā
Judul Internasional: Detective Conan: The Crimson Love Letter
Tanggal rilis di Jepang: 15 April 2017
Tanggal rilis di Indonesia: 7 Juni 2017
Durasi: 112 menit
Berdasarkan: Detective Conan oleh Gosho Aoyama
Sutradara: Kobun Shizuno
Skenario: Takahiro Okura
Perusahaan Produksi: TMS Entertaiment
Distributor: Toho
Musik: Katsuo Ohno
Theme Song: Togetsukyou ~Kimi Omou~ oleh Mai Kuraki
Distributor Asia Tenggara: ODEX Private Limited
Rating: 13+
Bahasa: Jepang
Subtitle: Inggris & Indonesia
Cast
Dubber
Conan Edogawa
Minami Takayama
Heiji Hattori
Ryo Horikawa
Kazuha Toyama
Yuko Miyamura
Momiji Ooka
Satsuki Yukino
Ran Mouri
Wakana Yamazaki
Kogoro Mouri
Rikiya Koyama
Hiroshi Agasa
Kenichi Ogata
Ai Haibara
Megumi Hayashibara
Ayumi Yoshida
Yukiko Iwai
Mitsuhiko Tsuburaya
Ikue Otani
Genta Kojima
Wataru Takagi
Sonoko Suzuki
Naoko Matsui
Shizuka Hattori
Masako Katsuki
Heizo Hattori
Kazuhiro Yamaji
Ginshiro Toyama
Masaki Terasoma
Goro Otaki
Norio Wakamoto
Fumimaro Ayanokoji
Ryotaro Okiayu
Muga Iori
Daisuke Ono
Koji Sekine
Daisuke Miyagawa
Mikiko Hiramoto
Riho Yoshioka
Shinichi Kudo (background)
Kappei Yamaguchi
Makoto Kyogoku (background)
Nobuyuki Hiyama
Trailer (ENG SUB) : klik di sini 

Sumber: DetectiveConanWorld, ODEX Private Limited


!!! Warning: Spoiler !!!
Detective Conan; The Crimson Love Letter merupakan movie ke 21 dari seri movie Detective Conan. Detective Conan Movie 21 (DCM21) bertema karuta, permainan kartu tradisional Jepang.
Conan, Kogoro, Ran, Detektif Cilik, Heiji dan Kazuha berada di salah satu studio Nichiuri TV, yang akan menyiarkan Satsuki Cup, kejuaraan karuta. Teman Kazuha, Mikiko menjadi salah satu peserta mewakili sekolah. Terjadi ledakan bom di gedung Nichiuri TV, semua orang di evakuasi hingga tertinggal Heiji, Kazuha, Mikiko dan salah satu petugas. Mikiko bersikeras menyelamatkan kartu karuta peninggalan untuk kejuaraan yang berada di studio. Api makin berkobar, bangunan mulai runtuh, Mikiko dan petugas berhasil keluar gedung namun Heiji dan Kazuha terjebak dalam gedung. Mereka menuju atap gedung, Conan melacak keberadaan Heiji setelah tahu Heiji masih berada di dalam gedung, Conan menyelamatkan mereka dengan bantuan alat-alat canggih buatan profesor Agasa. Di saat yang sama juga terjadi pembunuhan juara utama Satsuki Cup, di TKP ditemukan kartu karuta tersebar di sekitar korban.
Di rumah sakit, Heiji bertemu dengan Momiji, ratu karuta, sosok yang menganggap Heiji sebagai suami masa depannya. Momiji menitikan air mata saat bertemu Heiji, Kazuha mulai menginterogasi Heiji tentang Momiji. Di rumah sakit ini, Mikiko mendapatkan perawatan, ia mengalami cidera patah tulang sehingga ia tidak dapat ikut kejuaraan karuta, Kazuha yang sempat menjadi partner latihan karuta Mikiko diminta Mikiko untuk menggantikannya di kejuaraan. Momiji mendengar percakapan mereka dan berbicara dengan Kazuha, ia tahu Kazuha orang terdekat Heiji, ia menantang Kazuha di kejuaraan dengan imbalan sesuatu yang berkaitan dengan Heiji. Kazuha menerima tantangan tersebut dan bertekad untuk menang. Momiji menjatuhkan dompetnya saat akan meninggalkan rumah sakit, Conan dan Ran mengejarnya untuk mengembalikan dompet tersebut namun tak terkejar, Conan dan Ran melihat isi dompet tersebut, di sana ada foto guru karuta Momiji dan foto Momiji kecil bersama Heiji kecil yang saling menautkan jari kelingking seperti membuat janji.
Kazuha mulai berlatih karuta, Heiji masih mengivestigasi kasus, Kazuha menelpon Heiji memintanya menjadi partner latihan karuta karena Heiji pernah menang tak terduga di kejuaraan karuta saat kecil dulu. Heiji menolak, menutup telpon kemudian menelpon seseorang meminta bantuan. Di hotel tempat Kazuha, dll menginap datanglah Shizuka Hattori, ibu Heiji, yang juga merupakan mantan ratu karuta, ia yang akan menjadi guru dan partner latihan karuta Kazuha.
Kejuaraan karuta tiba, Kazuha mengenakan pakaian yang biasa ia gunakan saat berlatih aikido, olahraga bela diri yang dikuasai Kazuha, Momiji mengenakan kimono. Mereka bertanding dari babak awal, mengalahkan banyak pemain sampai tiba di final, final dilakukan di lokasi yang berbeda, Kazuha, Momiji dan satu pemain lagi yang bertugas membaca kartu karuta menaiki perahu untuk sampai di lokasi final. Kejuaraan karuta ini ditayangkan di TV namun saat sesi final akan dimulai, terjadi ledakan, siaran final hilang, tidak tampak di layar TV. Finalis belum tahu apa yang terjadi, mereka tetap bertanding, Conan dan Heiji datang untuk menyelamatkan mereka dan mengungkapkan misteri kasus. Saat tersangka akan kembali meledakan bom, kebenaran terungkap, alat pemicu bom disingkirkan dan mereka mulai menyelamatkan diri namun lagi Heiji dan Kazuha terjebak di bangunan tersebut. Kali ini bagaimana cara Heiji dan Kazuha untuk selamat?
Di DCM21 ini kasus sudah di mulai dari awal, karuta menjadi tema utama movie ini, Heiji mendapatkan porsi peran yang lebih banyak. Untuk kasus bisa dibilang cukup sederhana. Selain berfokus pada kasus, movie ini menyajikan konflik cinta Kazuha-Heiji-Momiji. Tetap ada humor di movie ini yang bisa bikin penonton ketawa. Untuk penggemar DC, mungkin akan merasa de javu -lagi- di beberapa adegan. Karena DCM21 ini berkaitan dengan karuta, mungkin akan membingungkan untuk beberapa penonton yang tidak tahu apa itu karuta seperti penonton yang duduk di sebelah ku, dia bilang itu main apa? gaplek? duh. Untuk penonton yang meninggalkan ruangan begitu credit title muncul mungkin juga akan merasa ada yang menggantung dari cerita DCM21 ini. Bagaimana kelanjutan kejuaraan? Siapa yang menang? Heiji benaran suami masa depannya Momiji bukan? Jawaban untuk pertanyaan ini ada di omake/after credit scene/extra scene. Durasi omake ini lumayan lama dari biasanya mungkin ada sekitar 3-5 menit. Ssst! Untuk HeiKazu shipper, kapal anda aman. Momiji salah paham dengan ucapan Heiji, dia jadi malu kemudian kabur. *broom broom*
DCM21 dibawa oleh distributor ODEX Private Limited dan ditayangkan di Indonesia di bioskop CGVBlitz, Cinemaxx dan Cineplex Platinum serentak mulai tanggal 7 Juni 2017, lebih cepat dari biasanya di bulan Agustus. Sebelumnya pada tanggal 3 Juni 2017 telah lebih dulu diadakan Early Screening DCM21 khusus di CGV Grand Indonesia, Jakarta dengan tiket seharga Rp 200.000,- bisa nonton DCM21 duluan dan dapat merchandise; kartu bertanda tangan Gosho Aoyama, clear folder, poster. Rentang tayang DCM21 juga berbeda di tiap lokasi. Di kota saya, hari ini (14/6) DCM21 telah menghilang dari jadwal bioskop. Untung sempat nonton senin lalu (12/6) padahal niat awalnya saya mau nonton setelah lebaran nanti (akhir bulan Juni) :’)



Untuk dub dan subtitle DCM21 masih tetap sama seperti DCM tahun lalu, DCM21 yang ditayangkan di Indonesia menggunakan dub Bahasa Jepang dengan subtitle Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, walau penggunaan subtitle Bahasa Indonesia masih terdapat kekurangan seperti typo, kata yang hilang dan autocorrect kata. Saya lupa pas di credit title saat theme song DCM21 ini diputar ada lirik lagu yang diterjemahin juga atau tidak. Kalau lirik theme song dalam bahasa Jepang nya ada dtampilkan saat credit title. BTW, saya suka dengan musik (background music -singkat BGM- & theme song) dari DCM21, aransemen BGM terdengar berbeda dan lebih terkesan romantis *IMO*, DCM21 ini memang lebih ke genre romance sih ya jadi menyesuaikan. Bagaimana dengan genre DCM22 tahun depan? Romance? Action? FYI, di DCM22 akan ada Tooru Omuro/Rei Furuya/Bourbon.
 


Oleh: Iin Purwanti
Diketik: 14/6/2017
Di-posting: 24/6/2017


No comments:

Post a Comment