Thursday 20 March 2014

Waspada SMS Penipuan

Pernah nggak dapat SMS yang isinya kira-kira begini :
“Mama lagi ada di kantor polisi, tolong isiin pulsa ke …”
atau
“Selamat! No sim-card anda mendapatkan hadiah …”
atau
“Silahkan kirim uangnya ke rekening ini …”
dan sebagainya.

Ckckck -_- makin hari makin sering aja SMS yang beginian, makin banyak aja modus penipuan. Jadi harus lebih waspada, hati-hati dan nggak boleh mudah terperdaya!


Untuk SMS yang beginian (SMS dengan modus penipuan) aku punya ceritanya sendiri.
Dua hari ini aku dapat SMS yang isinya nyaris sama di dua nomor hp ku yang berbeda, operatornya sama sih. Dan kira-kira begini isi SMS nya :

“Selamat! No.sim Card anda mendapatkan hadiah bla bla bla Pin 277fg49 untuk info pengambilan hadiah klik : www(dot)blablabla(dot)com”

SMS ini ada di inbox hp ku kemarin untuk nomor hp ku yang pertama. Dan hari ini SMS serupa pun ada di inbox hp ku untuk nomor hp ku yang kedua. Setelah baca SMS nya aku tersenyum sinis hahaha. Kenapa??

1.      Entah kenapa dan ada angin apa, kemarin SMS ini ku ladenin, biasanya SMS yang beginian aku abaikan. Isi SMS yang ku terima itu kan ada situs web nya tuh, iseng, ku buka deh web nya. Isi SMS dan isi web tersebut saling berkaitan. Di web itu ada syarat dan cara pengambilan hadiah, ada banner operator nya, ada banner pendukung, ada foto beberapa tokoh penting, ada komentar dari pemenang, ada alamat perusahaan dan nomor telponnya, serta ada foto KTP dari si bagian humas nya. Cukup menyakinkan bukan?
Ku telpon nomornya *adaapadenganku-_-* pas udah nyambung, si dia jelasin panjang lebar, ngasih selamat dan di-doa-in juga, terus dia nanya nomor rekening bank dan nyuruh ke ATM *tunggu,maungapain* dia juga nanya butuh waktu berapa lama buat sampai ke ATM, ku jawab aja deh -/+30 menit. Tutup telpon.
Curiga, curiga… terus aku nanya temen dan ngelihat web itu lagi. Setelah dilihat lagi di web itu ada yang ganjil, di web itu cuma ada postingan itu aja, nggak ada home/beranda dsb. Makin yakin deh aku nyaris ketipu, huhu.

2.      Aku nggak ke ATM dong dan -/+30 menit kemudian si dia nelpon dengan nomor yang berbeda (tadi yang aku telpon itu nomor telpon rumah, nah yang nelpon aku ini nomor hp) aku udah kebiasaan nih nggak angkat telpon dari nomor nggak dikenal tapi nomor ini terus aja nelpon aku jadi ku angkat, eh tahunya dari si dia si penipu “halo… halo… halo mbak…” itu telpon memang ku angkat tapi aku nggak bicara, males ngeladeninnya lagi. Pas udah ditutup, eh  si dia nelpon lagi, udah deh aku abaiin aja. Habis itu si di nggak nelpon-nelpon lagi, bagus deh.

3.      SMS yang kedua. Pas baca SMS nya berasa pernah baca SMS ini dan benar ini SMS sama kayak yang kemarin, kata-kata di SMS nya persis sama hanya sedikit beda di alamat web nya aja dan lebih wow nya lagi pin nya sama kayak pin yang di SMS kemarin 277fg49 nah loh satu pin untuk dua nomor yang berbeda. Aduh rasanya gatel pengen bales tuh SMS tapi nomor ku yang ini lagi nggak ada pulsa, haha. Ya udah deh di-doa-in balik aja, moga si dia dan orang-orang sejenis dia tobat, berhenti nipu orang. Aamiin.

Aku juga pernah denger cerita tentang SMS yang minta isiin pulsa, “Mama lagi ada di kantor polisi, tolong isiin pulsa ke …” nah yang nerima SMS itu ternyata mama nya udah nggak ada, kan ketahuan banget penipuannya. Udah bikin cemas, bikin kesel juga.
Kalau SMS yang isinya “Silahkan kirim uangnya ke rekening ini a.n …” aduh-aduh ada apa dengan si dia, nggak ada transaksi apa-apa, si dia minta transfer uang. Kenal juga nggak, main nyebar nomor rekening bank aja. Ckckck.


NB : harus lebih waspada, lebih hati-hati, pastikan dulu beritanya, ceritakan ke keluarga dan teman, dan berdoa, minta pada Sang Pencipta, Allah SWT agar kita selalu dalam perlindungan-Nya, dijauhkan dari segala bentuk penipuan dan kejahatan, aamiin yaa robbal ‘alamin.

By : Iin Purwanti ^^
Sumber Gambar : Google Images

No comments:

Post a Comment